Silahkan daftarkan perusahaan/usaha anda pada Online Single Submission (OSS) dengan Url http://oss.go.id
 
 
 
 
 
 
 
 
Username :
Password :
 
 
 
 
 

Anda adalah pengunjung Ke :
675586
 
Calendar Script
« September 2019 »
Mn Sn Se Rb Km Jm Sa
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30
 

 

DBD Mengganas di Kabupaten Inhu, Satu Warga Meninggal Dunia

Senin, 02 Juni 2014

RENGAT - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) mulai menujukkan tanda-tanda peningkatan di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Diperkirakan puluhan warga sudah terserang DBD sejak sebulan terakhir, bahkan satu warga dilaporkan meninggal dunia atas nama Rizky Aditya, pelajar kelas 4 SD yang juga warga Jalan Narasinga, Gang Damai, Kelurahan Kampung Besar Kota (Kambesko), Kecamatan Rengat.

Kasus terparah terjadi di Kota Rengat dan sekitarnya. Di Kelurahan Kambesko, tepatnya di kawasan Jalan Narasinga, Gang Sempurna dan Gang Nusa Indah, hanya dalam kurun waktu sepekan, delapan warga telah di rawat akibat DBD. Sementara di kawasan Jalan Hang Lekir, tiga warga juga sudah mendapatkan perawatan di rumah sakit akibat DBD.

''Sudah ada delapan warga yang positif terjangkit DBD di daerah tempat tinggal saya, Jalan Narasinga, Gang Sempurna dan Gang Nusa Indah Rengat. Dari delapan warga tersebut, dua diantaranya anak dan cucu saya sendiri,'' kata Ketua RW, Abdul Hadi, Minggu (1/6).

Diungkapkan Abdul Hadi, anaknya yang terserang DBD tersebut bernama Rama Rezania (28) dan cucunya Amira (3). Ibu dan anak tersebut, sempat menjalani perawatan selama satu pekan di RS Santa Maria Pekanbaru.

''Alhamdulillah saat ini anak dan cucu saya tersebut sudah sembuh, sebab ketika positif terserang DBD, saya langsung bawa ke Pekanbaru. Tetapi masih ada warga di lingkungan saya yang masih menjalani perawatan di RS Awal Bros Pekanbaru,'' ungkapnya.

Ditambahkan Abdul Hadi, umumnya penderita DBD dilingkungan tempat tinggalnya adalah balita dan anak-anak. Mereka terserang DBD secara bergantian dan hanya berselang beberapa hari. Sebagian besar harus menjalani perawatan di rumah sakit, baik di Inhu maupun di Pekanbaru.

Pihaknya juga sudah melaporkan kejadian tersebut ke intansi terkait mulai dari Kelurahan Kambesko, Dinas Kesehatan hingga UPT Kebersihan untuk membantu pembersihan saluran air yang umumnya tersumbat di sekitar Jalan Narasinga dan Jalan Sultan Rengat. ''Warga juga sudah melakukan gotong royong membersihkan lingkungan. Sedangkan fogging sudah ada dilakukan, tetapi harus rutin dan sering dilakukan agar kasus DBD tidak lagi terjadi,'' ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Budi Hasan, warga Jalan R Suprapto Rengat. Istrinya Henny Aspanti terserang DBD dan harus mendapatkan perawatan di RS Medisra Rengat dua hari tiga malam. Tidak hanya itu, anak rekan satu kantornya meninggal dunia akibat DBD setelah mendapat perawatan di salah satu rumah sakit di Pekanbaru.

''Kalau istri saya saat ini sudah sembuh. Tapi anak rekan sekantor saya meninggal dunia sekitar satu bulan lalu,'' ujarnya seraya berharap pihak-pihak terkait dapat segera bertindak dan mengambil langkah agar kasus DBD tidak semakin meningkat dan dapat menimbulkan korban jiwa.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Inhu, Evy Irma Junita membenarkan adanya peningkatan kasus DBD di Kabupaten Inhu dalam beberapa pekan terakhir. Ia juga mengakui, akibat DBD, satu warga Rengat meninggal dunia.

''Kalau dari jumlah kasus, belum termasuk Kejadian Luar Biasa (KLB). Tetapi kalau dari sisi ada korban meninggal dunia, sudah masuk kategori KLB. Namun data berapa jumlah kasus DBD sampai saat ini saya tidak hafal, senin saja ke kantor untuk memastikannya,'' ujar Evy yang dikonfirmasi melalui telepon selular, Minggu (1/6).

Dinas Kesehatan Inhu, sambung Evy, sudah mengintruksikan kepada seluruh Puskesmas untuk tanggap terhadap bahaya DBD. Pihaknya juga sudah melakukan upaya fogging terhadap daerah-daerah yang dinilai rawan kasus DBD dan penyebaran bubuk abate.

''Namun dari semua itu, yang paling penting adalah partisipasi masyarakat untuk secara bersama-sama melakukan pemberantasan terhadap sarang nyamuk dengan cara melakukan gotong royong rutin, terutama membersihkan saluran ataupun tempat-tempat yang memungkinkan air tergenang dan menyebabkan nyamuk berkembang biak,'' ujarnya.(inhusatu.com)

 
1.Izin Lembaga Pelatihan Kerja
2.Izin Lembaga Penempatan Tenaga Kerja Swasta (LPTKS)
3.Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
4.Izin Mendirikan Rumah Sakit Tipe C dan D
5.Izin Operasional Klinik (Pratama dan Utama)
6.Izin Operasional Rumah Sakit Tipe C dan D
7.Izin Pembukaan Cabang Kantor Koperasi
8.Izin Pendirian Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
9.Izin Pendirian Pendidikan Non Formal
10.Izin Pendirian Satuan Pendidikan
11.Izin Pengelolaan Sampah
12.Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang (Dalam Trayek Perdesaan dan Perkotaan)
13.Izin Penyimpanan Sementara Limbah B3
14.Izin Reklame
15.Izin Rumah Sakit/Klinik Hewan
16.Izin Toko Alat Kesehatan
17.Izin Tukang Gigi
18.Izin Usaha Industri (IUI)
19.Izin Usaha Kawasan Industri
20.Izin Usaha Perkebunan (IUP)
21.Izin Usaha Perkebunan Untuk Budidaya (IUP-B)
22.Izin Usaha Perkebunan Untuk Pengolahan (IUP-P)
23.Izin Usaha Pusat Perbelanjaan (IUPP)
24.Izin Usaha Simpan Pinjam
25.Izin Usaha Toko Swalayan (IUTS)
26.Persetujuan Komitmen Izin Lokasi (IL)
27.Persetujuan Komitmen Izin Pembuangan Air Limbah
28.Persetujuan Komitmen Izin Toko Obat
29.Persetujuan Komitmen Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK)
30.Persetujuan Komitmen Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
31.Persetujuan Komitmen Tanda Daftar Gudang (TDG)
32.Persetujuan Komitmen Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP)
33.Sertifikat Laik Fungsi Bangunan
34.Surat Izin Apotik (SIA)
35.Surat Izin Penyelenggaraan Optikal
36.Surat Izin Penyelenggaraan Radiologi Diagnostik
37.Surat Izin Praktik Ahli Teknologi Laboratorium Medik
38.Surat Izin Praktik Apoteker
39.Surat Izin Praktik Apoteker
40.Surat Izin Praktik Bidan
41.Surat Izin Praktik Dokter
42.Surat Izin Praktik Dokter Hewan
43.Surat Izin Praktik Farmasi
44.Surat Izin Praktik Fisioterapis
45.Surat Izin Praktik Fisioterapis
46.Surat Izin Praktik Optometris
47.Surat Izin Praktik Perawat Anastesi
48.Surat Izin Praktik Radiografer
49.Surat Izin Praktik Refaksionis Optisien
50.Surat Izin Praktik Sanitarian
51.Surat Izin Praktik Teknisi Kardio Vaskuler
52.Surat Izin Praktik Tenaga Gizi
53.Surat Izin Praktik Terapis Gigi dan Mulut
54.Surat Keterangan Racun Api
55.Surat Tanda Pendaftaran Usaha Waralaba (STPUW)